Jumat, 06 Oktober 2017

1.1 Jelaskan Etika

Nama : DINA DWI SANTIA
NPM : 23214134
Kelas : 4EB10

Etika berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu: "ethikos" yang berarti "timbul dari kebiasaan" adalah sebuah sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab. 
St. John of Damascus pada abad ke-7 Masehi menempatkan etika di dalam kajian filsafat praktis (practical philosophy). Etika filosofis secara harfiah dapat dikatakan sebagai etika yang berasal dari kegiatan berfilsafat atau berpikir, yang dilakukan oleh manusia. Karena itu, etika sebenarnya adalah bagian dari filsafat; etika lahir dari filsafat.
Dalam encyclopedia Britanica, etika dinyatakan sebagai filsafat moral, yaitu studi yang sitematik mengenai sifat dasar dari konsep-konsep nilai baik, buruk, harus, benar, salah, dan sebagainya. Selain itu, etika juga memanfaatkan berbagai ilmu yang membahas perilaku manusia seperti ilmu antropologi, psikologi, sosiologi, ilmu politik, ilmu ekonomi dan sebagainya.
Dengan kata lain etika adalah aturan atau pola tingkah laku yang dihasilkan oleh akal manusia. Maka etika lebih merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan upaya menentukan perbuatan yang dilakukan manusia untuk dikatan baik atau buruk.

Etika Islam dalam bahasa Arab : أخلاق إسلامية atau "Adab dan Akhlak Islamiyah" adalah etika dan moral yang dianjurkan di dalam ajaran Islam yang tercantum di dalam Al-Quran dan Sunnah, dengan mengikuti contoh dari teladan Nabi Muhammad , yang di dalam akidah Islamiyah dinyatakan sebagai manusia yang paling sempurna akhlaknya.
KBBI
etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak)
W. J. S. Poerwadarminto
Etika merupakan ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlakatau moral.
Hamzah Yakub
Etika yaitu menyelidiki suatu perbuatan mana yang baik dan mana yang buruk.
Soegarda Poerbakawatja
Etika adalah sebuah filsafat berkaitan dengan nilai-nilai, tentang baik dan buruknya tindakan an kesusilaan.
Drs. O. P. Simorangkir
Etika merupakkan pandangan manusia terhadap baik dan buruknya perilaku manusia.
Aristoteles
Aristoteles membagi pengertian etika menjadi dua, yaitu Terminius Technikus dan Manner and Custom. Terminius Technikus merupaka etika yang dipelajari sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari suatu problema tindakan atau perbuatan manusia.

Dari uraian di atas etika adalah gambaran batin yang dijadikan sebagai tabiat/perilaku/sikap manusia, yang mencakup sifat baik dan sifat buruk manusia sehingga dapat berhubungan dengan orang lain.

Sumber :
http://www.mohlimo.com/pengertian-akhlak-moral-dan-etika/

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Dina Dwi Santia